Waspada, BMKG Ingatkan Bahaya Gelombang Tinggi di Perairan Jabar

Selasa, 17 Mei 2022 – 10:50 WIB
Waspada, BMKG Ingatkan Bahaya Gelombang Tinggi di Perairan Jabar - JPNN.com Jabar
BMKG Bandung memperingatkan bahaya gelombang tinggi di perairan selatan Jawa Barat akan terjadi pada Selasa hingga Kamis ini. Ilustrasi gelombang tinggi: Sultan Amanda/JPNN.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Bandung memperingatkan gelombang tinggi di perairan selatan Jawa Barat.

Gelombang tinggi ini diperkirakan terjadi pada Selasa (17/5) hingga Kamis (19/5) dengan ketinggian gelombang berkisar di antara 2,5 hingga 4 meter.

Kepala BMKG Bandung Teguh Rahayu mengatakan, gelombang tinggi tersebut terjadi diakibatkan pola angin di wilayah Indonesia bagian utara bergerak dari timur dan selatan dengan kecepatan angin 5-20 knot.

Kemudia, Pola angin di wilayah timur Indonesia bagian selatan ini dominan bergerak dari timur tenggara dengan kecepatan 5-25 knot.

Selain itu, kecepatan angin tertinggi terpantau di Selat Makassar bagian selatan, Laut Banda, Perairan Selatan Kupang- Rote dan Laut Arafuru.

"Gelombang tinggi berpeluang terjadi di perairan selatan Sukabumi, Cianjur, Garut, Tasikmalaya, dan Pangandaran," kata Teguh, Selasa (17/5).

Teguh menyebut, gelombang tinggi ini juga terjadi di Samudera Hindia Selatan Sukabumi Cianjur, Garut, Tasikmalaya, dan Pangandaran.

Oleh karena itu, lanjut Teguh, pihaknya memperingatkan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran di antaranya perahu nelayan, kapal tongkang, dan kapal ferry.

BMKG Bandung memperingatkan bahaya gelombang tinggi di perairan selatan Jawa Barat akan terjadi pada Selasa hingga Kamis ini.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News