Gempa Berkekuatan 5,1 Magnitudo Guncang Kota Sukabumi, Aktivitas Lempeng Indo-Australia Jadi Penyebabnya

Selasa, 06 Juni 2023 – 16:25 WIB
Gempa Berkekuatan 5,1 Magnitudo Guncang Kota Sukabumi, Aktivitas Lempeng Indo-Australia Jadi Penyebabnya - JPNN.com Jabar
Ilustrasi gempa bumi. Ilustrator: Sultan Amanda/JPNN.com

jabar.jpnn.com, SUKABUMI - Gempa bumi tektonik berkekuatan 5,1 magnitudo menguncang Kota Sukabumi, pada Selasa (6/6) sekitar pukul 14.23 WIB.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono mengatakan berdasekan hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi memiliki parameter update dengan 5,0 magnitudo, episenter gempa bumi terletak pada koordinat 7,92° LS ; 107,03° BT.

"Tepat berlokasi di laut pada jarak 111 kilometer Tenggara Kota Sukabumi, Jawa Barat pada kedalaman 48 kilometer," katanya, Selasa (6/6).

Dirinya mengatakan dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia yang menunjam di bawah Lempeng Eurasia.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan geser naik (oblique thrust)," ujarnya.

Gempa bumi ini berdampak dan dirasakan di daerah Kabupaten Sukabumi dengan skala intensitas III - IV MMI (getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan akan truk berlalu).

Daerah Pelabuhan Ratu dengan skala intensitas III MMI (getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan akan truk berlalu). Kabupaten Cianjur dengan skala intensitas II - III MMI (getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan akan truk berlalu).

Kemudian Garut, Kota Tasikmalaya dengan skala intensitas II MMI (getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang). 

Gempa bumi berkekuatan 5,1 magnitudo guncang Kota Sukabumi, BMKG sebut tidak berpotensi tsunami.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News