3,9 Juta Balita di Jawa Barat Siap Jalani Vaksinasi Polio

Minggu, 02 April 2023 – 18:20 WIB
3,9 Juta Balita di Jawa Barat Siap Jalani Vaksinasi Polio - JPNN.com Jabar
Petugas Kesehatan saat meneteskan vaksin polio pada seorang balita. Foto: Ricardo/JPNN.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat bakal melaksanakan vaksinasi polio untuk anak-anak usia 0 – 59 bulan secara serentak mulai Senin (3/4).

Vaksinasi polio ini akan dilaksanakan dalam dua tahap. Pertama, mulai 3 – 15 April dan dilanjutkan tahap kedua pada 15 – 27 Mei.

Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan Jabar, Rochady Wibawa mengatakan imunisasi harus dilakukan secara penuh atau dalam dua tahap agar tuntas.

“Harus full dua tahap agar tuntas melindungi balita. Sedikitnya 95 persen dari target di Jabar, yakni 3,9 juta balita harus tercapai,” katanya dalam keterangannya, Minggu (2/4).

Kata Rochady, vaksinasi akan dilaksanakan di selurh puskesmas dan posyandu serta tempat lain yang ditunjuk, yakni sekolah taman kanak-kanak (TK).

Selain itu, setelah seminggu dilaksanakan, tim juga akan melakukan sweeping mencari balita yang belun terjangkau vaksinasi.

Ia menjelaskan vaksinasi polio berupa vaksin oral atau tetes sehingga tidak akan menimbulkan efek samping pada balita.

“Vaksinator juga sudah siap untuk melaksanakan imunisasi serentak di Jabar,” tuturnya.

Pemprov Jawa Barat bakal melaksanakan vaksinasi polio untuk anak-anak usia 0 – 59 bulan secara serentak, dengan sararan 3,9 juta balita.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News